All About Daycare - Mommies Daily Talk

annisast

Beauty Rookie

30 - 34

All About Daycare

6

10

Halo, kenalin dulu aku Annisa, boleh dipanggil Icha, Senior Editor Mommies Daily. Aku ibu satu anak, sekarang umurnya 5,5 tahun. Sejak dia bayi sampai sekarang, aku belum pernah sekali pun pakai mbak/nanny di rumah. Jadi sejak masuk kerja setelah cuti melahirkan, anakku udah masuk daycare. Aku tipe yang picky banget untuk segala hal apalagi daycare ya. Tahun 2014, daycare belum sebanyak sekarang jadi susah sekali carinya tapi akhirnya nemu dan betah. Waktu dia 3 tahun, aku mulai cari daycare dengan preschool dan TK, survey ke sekitar 7-8 daycare dan nemu juga yang cocok sampai sekarang. Jadi aku udah liat banyak sekali daycare di rentang waktu hampir 6 tahun ini dan aku tau persis banyaaakkk ortu yang masih ragu untuk titipin anaknya ke daycare. Well, buat aku, pilihannya cuma nitipin anak ke daycare atau ke nanny karena aku nggak tinggal satu kota dengan ortu/mertua. Jadi silakaannn mau tanya apa aja boleh. Ditunggu sampai tanggal 13 November ya! Aku akan jawab semuanya!

Tags

daycare

review daycare


sort by

TALK

legendaryn

Beauty Newbie

30 - 34

13 Nov 2019

Nggak mau nanya, cm mau sharing.. aku baru masukin anakku di Daycare 3 mingguan yg lalu. 2 bulan sebelumnya bacain semua postingan blog mbak icha ttg Daycare, website mbak . Walau gak bisa kasih yang seideal itu :( karena yg ideal itu sungguhlah turn overnya rendah banget. Thanks banget ya mbak! Anakku udah bisa dilepas di daycare, walau setiap Senin dan Selasa pasti tetap mellow nangis jejeritan waktu mau ditinggal hehehe.

annisast

Beauty Rookie

30 - 34

18 Nov 2019

@legendaryn setuju bangeettt. yang ideal udah pasti susah kuotanya ya karena anak-anaknya pada betah. kosongnya di tengah tahun biasanya karena anaknya masuk preschool atau SD ahahaha. thank you udah baca blog aku yaahhh :)

Zakiatunnisa

Beauty Newbie

13 Nov 2019

Kak icha anak aku dua hari trial di daycare nangis terus terusan, gamau bobok dan makan, apakah tandanya ga betah? Terus kalo dia nangis terus gitu bakal bikin stress dia dan trauma ga ya? Anak aku usia 1 th

annisast

Beauty Rookie

30 - 34

13 Nov 2019

@Zakiatunnisa Kamunya yakin nggak untuk ninggalin anak di daycare? Terus kamunya percaya 100% nggak kalau daycare yang terbaik buat anak kamu? Kalau keduanya jawabannya iya, ya kasih waktu lah. Masa baru 2 hari udah bisa bilang betah nggak betah sih, pindah rumah aja kalau baru 2 hari belum bisa bilang betah atau nggak betah kan. Semakin besar anak masuk daycare, semakin lama masa adaptasinya karena anak udah ngerti. Anak 1 tahun tunggu sebulan dulu lah, dibantu sounding kalau daycare itu menyenangkan sih harusnya udah bisa adaptasi.

nanitha

Beauty Newbie

25 - 29

12 Nov 2019

Halo kak ica,kak untuk ngejaga imunitas anak selama di daycare gimana ya?samq kalo ngebuat anak betah di daycare awalnya gimana?apa kita perlu ambil cuti dulu buat tau dia gimana di hari pertama ditinggal di daycare nya?makasih kak ica

annisast

Beauty Rookie

30 - 34

13 Nov 2019

@nanitha Biar anak betah di daycare sih pertama kitanya dulu harus yakin 100% akan ninggalin anak di sana. Anak aku bisa betah karena aku ga punya pilihan lain. Jadi aku dari awal udah bilang, setiap hari kamu di daycare, aku dan appa di kantor. Bukan pilihan, mau nangis silakan, mau marah silakan, tapi kamu akan tetap di daycare karena itu daycare terbaik yang udah aku pilih buat kamu. Kalau waktu bayi, aku percayakan aja sama daycarenya. Jadi sampai umur 1 tahun sih aku tutup kuping aja dia mau nangis apa gimana sepanjang ASIP aku cukup. Udah gitu aja sih. Karena mau apa lagi? Aku tau aku nggak mau resign jadi pilihannya cuma di daycare karena aku nggak mau juga pake nanny. Untuk cuti diliat kebutuhanmu aja kira-kira butuh cuti nggak?

ndn.ns

Beauty Newbie

30 - 34

11 Nov 2019

Apa saja yang jadi concern ketika memutuskan untuk ambil Daycare tersebut? Apakah kalau anak 'agak malas' tiap diajak ke sekolah (Daycare) itu jadi ciri bahwa dia ga betah? Pernah trial berapa kali ?

annisast

Beauty Rookie

30 - 34

13 Nov 2019

@ndn.ns Concern aku yang utama adalah kamar tidur terpisah dari kelas. Karena banyak daycare yang kamar tuh seadanya, pagi jadi kelas, siang gelar kasur jadi kamar. Sedih sih jujur liat anak tidur di kelas huhu. Aku rada old school anaknya, menganggap kamar adalah ruang privat yang spesial untuk istirahat jadi aku agak panik waktu tau bahwa kelas jadi kamar adalah hal yang wajar untuk daycare. Tapi setelah survey ke banyak tempat, masih banyak juga daycare yang punya kamar dan kelas terpisah. Lalu kesehatan ruangan (sirkulasi udara, cahaya matahari masuk apa ga, dll) daannn aktivitasnya. Ada daycare yang mainnya di dalem ruangan terus karena luarnya jalan raya terus nggak punya halaman gitu. Kasian sih sebenernya. Jadi aku sebisa mungkin cari daycare yang halamannya luas atau di dalem kompleks perumahan yang jalannya sepi jadi anak bisa main di luar. Untuk trial, aku nggak pernah trial. Buat aku, trial nggak penting-penting banget karena kita judge anak betah atau tidak betah hanya dalam 1-2 kali pertemuan. Padahal ya kita aja baru masuk kantor baru misalnya, emang bisa memutuskan betah hanya dalam 1-2 hari? Untuk anak-anak yang easy mungkin bisa, tapi untuk anak-anak yang slow to warm up alias butuh waktu untuk adaptasi, agak jahat sih menurut aku trial tuh. Bisa adaptasi di satu tempat aja butuh waktu lama, eh ini malah disuruh coba beberapa tempat. Aku bilang sama dia, sounding bahwa aku carikan tempat terbaik dan yang paling seru buat dia. Jadi ketika hari pertama mulai ya udah dia senang aja karena dia percaya sama aku. Kalau anak malas diajak ke daycare coba runut dulu kira-kira apa yang bikin dia malas? Aku sih saklek aja, kamu di daycare dan tidak punya pilihan lain. 1-3 tahun pertama masih suka nangis, 3 tahun ke atas udah nggak nangis karena dia tau mau nangis pun dia ga punya pilihan lain selain di daycare.

anandhita

Beauty Newbie

25 - 29

11 Nov 2019

Hi mba icha, biasanya survey kapan untuk daycare karena kerja juga kan. apakah weekend atau by phone dulu untuk bikin janji? dan untuk menjaga daya tahan tubuh anak di daycare, xylo dikasih vitamin kah? makasih

annisast

Beauty Rookie

30 - 34

13 Nov 2019

@anandhita Aku biasanya luangin waktu makan siang untuk survey. Jadi tentukan hari ini mau ke daycare mana, terus ngojek deh ke daycarenya. Janjian sama suami juga biar surveynya berdua. Nggak pernah survey saat weekend karena aku mau tau kesehariannya sih. Kadang ada daycare yang bersih banget kalau nggak ada anak-anak padahal pas ada sih jorok gitu misal naro handuk di mana aja dll. Untuk daya tahan tubuh, nggak aku kasih vitamin sih. Kecuali kalau di rumah lagi ada yang flu, baru aku kasih vitamin. But not on daily basis gitu, seperlunya aja.